Thursday, August 9, 2007

Kiat Menghitung Modal Usaha

Tadi Shubuh, saya menyimak Program Televisi Metro TV dengan Tajuk Money Talks yang dipandu oleh Safir Senduk. Topik yang dibahas adalah Bagaimana Kiat Menghitung Modal Usaha dengan menghadirkan narasumber dan 3 jenis pelaku usaha.

Resume yang dapat disimpulkan dari tayangan tersebut adalah modal usaha dapat diformulasikan sebagai berikut :

Modal Usaha = Modal investasi (awal) + modal kerja + modal operasional

Kiat untuk menghitung modal usaha sbb:
  1. Jangan takut untuk berhitung. Artinya perhitungkan secara detail modal investasi anda, kemudian modal kerja dan modal operasional selama beberapa bulan ke depan. Perhitungan yang detail akan meminimalkan pengeluaran tambahan yang berarti akan menghemat modal yang harus dikeluarkan
  2. Apabila perhitungan detail menghasilkan modal yang kurang terjangkau dengan dana yang dimiliki, lakukan evaluasi ulang terhadap 3 komponen tadi untuk mengurangi modal secara tepat.
  3. Disiplin dengan budget yang telah ditentukan, artinya pengeluaran harus sesuai dengan perhitungan yang telah dilakukan sebelumnya.

1 comment:

maguri said...

Assalamualaikum…
Sekedar berbagi info gann, bagi yang membutuhkan alat bantu untuk menghitung modal awal usaha berikut omset dan keuntungan usaha silahkan mampir ke http://www.maguri-rumahbisnis.blogspot.com
Makasih Gann…