Wednesday, January 30, 2008

Tugas pertama


Dalam kegelapan malam, aku melihat sesosok tubuh mengendap-ngendap mendekati tepian pagar. Sesaat dia berhenti, mengamati pagar tersebut - untuk memperkirakan tingginya kemungkinan. Kemudian dengan sigap dia berjingkat ke samping kiri dimana terdapat celah seukuran tubuhnya. Dia lebih memilih jalan ini dibandingkan harus melompati pagar setinggi 2 meter.

Aku tertegun menyaksikan apa yang dia lakukan. Perlahan mendekati tepi kolam dengan hati-hati. Tampak olehnya beberapa ekor ikan saja yang tampak dipermukaan air, sebagian besar populasi yang lain tenggelam dalam mimpi malamnya di dasar kolam. Dia mengendap lagi untuk lebih memperpendek jarak, sementara ikan yang masih ronda malam masih muncul di permukaan air.

Tiba-tiba dengan gerakan yang secepat kilat dia mengayunkan cakarnya ke arah ikan yang berenang dengan menimbulkan bunyi kecipak memecah keheningan malam. Sebelum aku sadari, menyusul kemudian bunyi lain seperti benda tercebur. Dia gagal mendapatkan ikan tersebut tetapi dirinya basah kuyup karena tercebur ke kolam.

Aku hampir saja tertawa tetapi saat yang bersamaan timbul perasaan jengkel dan gemas. Bagaimana tidak, muridku gagal dalam tugas pertamanya menangkap ikan.

2 comments:

hiddenroof said...

meong ga ikut nangkap ikan? ^_^

meong said...

sebenernya meong dah pensiun nangkap ikan hehehe