Wednesday, February 13, 2008

Naik Lift norak..


Selama 3 hari kemarin meong visit ke Samarinda, kalimantan timur. Ada urusan dinas yang harus diselesaikan disanah. Lumayan melelahkan juga perjalanan dari banjar - ke samarinda. Rute yang dilalui adalah Banjar-Balikpapan via udara, dilanjutkan dengan Balikpapan-Samarinda via darat. Perjalanan via udara ditempuh dalam waktu 40 menit, sementara via darat sekitar 2.5 jam. Yang bikin pegal seh... perjalanan darat itu.

Sebenarnya meong pernah tinggal di samarinda selama kurang lebih satu taun sekitar 2003-2004. Hanya saja agak jarang di kota karena lebih banyak travel ke lapangan di Pulau Bunyu dan Tarakan. Walaupun demikian, tidak terlalu banyak perubahan yang berarti di dalam kota Samarinda nya terutama masalah listrik ternyata masih tetap aja byar-pet, Islamic centre dari pertengahan taun 2004 sampai sekarang ternyata masih belum selesai, Bandara International yang sedianya dibangun di Sei Siring Samarinda masih terganjal juga apalagi beberapa pejabat yang terkait dengan proyek ini turut diperkarakan secara hukum. Pertumbuhan kota pun lebih banyak didominasi oleh perumahan2 baru dan hotel baru, seperti yang meong tinggali selama di samarinda.

Hotel ini bagian dari Swiss-belhotel International Group,
yang mana group ini membeli hotel lokal bernama Borneo.

Ada pengalaman yang cukup memalukan meong saat baru tiba di hotel. Setelah check-in procedure selesai, meong dikasi key-card, voucher free message, dan welcome drink voucher. Berhubung kepala mumet setelah perjalanan ditambah delay sekitar 3 jam di airport makanya meong ga mikirin apa2 lagi cuman kepikiran langsung masuk kamar aja.
Setelah nunggu lift, akhirnya pintu lift terbuka segera meong masuk ke dalam lift. Pintu tertutup dan lift bergerak naik. Meong segera memijit tombol 7 karena kamar terletak di lantai 7. Tombol ini tidak menyala, padahal umumnya setelah dipijit itu tombol langsung menyala. Ya sudah deh.. kali aja ngadat. Ternyata ntu lift ga mau berhenti di lantai 7, malah berhenti di lantai 10 trus ada orang masuk doi langsung mijit angka 1 dan tombol itu ikut menyala. Selama perjalanan turun, ntu orang ngeliatin meong terus .. kali mikirnya ngapain ni orang bawa2 ransel dengan tampang kucel, udik kali. Lift berhenti di lantai 1, orang itu keluar lift.. otomatis meong ikut keluar juga.. karena saat bersamaan orang ramai masuk ke dalam lift tersebut.

Di lobby meong mikir2 apa yang salah ya.. Akhirnya setelah mikir sekitar 5 menit dan situasi sepi cukup menguntungkan meong masuk lagi ke lift.. sendirian dong. Pintu lift tertutup... itu lift bergerak sendiri ke atas walaupun meong ga mijit tombol apa2. Setelah diteliti lebih cermat ternyata di dekat control panel ada satu celah seukuran credit card dengan simbol tangan memegang card. Ooo... biar meong coba deh. meong pake key-card tadi digesek di lubang itu ada lampu hijau berkedip, trus meong pijit tombol 7 dan.. horee.. tombolnya nyala. Sukses nih... lift berhenti di lantai 7 dan meong segera keluar. Ternyata.. ini mirip2 di sheraton hotel di surabaya dan sheraton hotel di sydney, jadi visitor yang punya key-card saja yang bisa akses di lift hotel. Ini salah satu sistem keamanan yang diterapkan oleh manajemen hotel.

Surprise aja soalnya di Banjarmasin ada juga swiss-belhotel-international hotel tapi ni hotel jadul banget. Di sini kali satu2nya hotel yang gak ada liftnya.. jadi akses ke tiap lantai hanya pakai tangga naik di bagian depan hotel dekat lobby. Seandainya dapat kamar paling ujung.. yaaah selamat mengukur jarak aja menyusuri koridor dari ujung depan ke ujung belakang hotel. Harusnya sih ada tangga darurat kalo sewaktu2 ada kebakaran atau emergency.. tapi ga sempat tau ada dimana posisinya.

Meong pikir meong aja yang udik... ternyata pas turun mao cari makan, didalam lift ada mbak2 juga yang bingung turun-naik lift ga bisa ke kamar yang dituju. Mbak itu minta tolong meong untuk membantu dia... untungnya meong dah tau duluan.. yaah akhirnya doi nyampe dengan selamat di lantai 10.

5 comments:

Eucalyptus said...

kekekeke...... lucu...

meong said...

hiks memalukan.. tapi no problemo lah

Anonymous said...

hehe lucu juga...btw aku pernah dari banjarmasin ke kotabangun, jalan darat via balikpapan & samarinda...brangkat jam 5 sore sampe tujuan jam 5 sorenya lagi...nonstop tanpa brenti (gantian nyetirnya)...hasilnya : remuk semua bandan kami hahaha

bestfriend said...

Kang Oka..

Critanya seru banget, bikin Opi tambah melotot. Padahal di sini dah jam 00.00 midnight bo!. KD dan Alma dah lelap..tinggal Opi nih yang nggak merem..merem..

meong said...

@-imam-: wah.. mantap itu, terakhir yaa taun 2004 travel by land kaltim-kalsel. sekarang seh.. huhuhu.. sakiiit

@bestfriend: bawaan beby ya teh... ge merem-merem hihihi