Tuesday, February 26, 2008

Nasi liwet ...ooh

Meong punya kebiasaan untuk melakukan survey ke tempat-tempat baru dimanapun meong & keluarga tinggal. Belakangan ini survey lebih dikhususkan ke tempat makan/restoran/cafe yang belum pernah dikunjungi ataupun yang baru buka di kota kami. Lumayan untuk referensi kalo musti menjamu tamu yang datang berkunjung. Sekalian untuk promosi kota ini kalo ada t4 makan yang cukup representatif beredar di sini.

Ada beberapa pengalaman yang cukup menjengkelkan ataupun lucu yang sempat dialami meong n keluarga tentunya saat melakoni survey kuliner ini. Berikut cuplikan yang diceritakan secara garis besar.

Ada restoran yang baru buka dimana gedungnya cukup menjanjikan dengan desain interior dan eksterior minimalis. Saat meong survey ntu restoran baru buka sekitar 1 bulanan. Menu yang dijagokan adalah masakan sunda. Singkat cerita kami mulai memilih menu yang diinginkan dari Daftar menu yang diberikan oleh Pramusaji (kita sebut saja P). meong tertarik dengan Nasi Liwet lengkap dan langsung nanya2 ke P. "Mas, Nasi liwet itu apa saja isinya?". P menjawab, "Ooh itu Nasi biasa saja hanya dicampur dengan abon Mas". Heh.. meong bingung perasaan nasi liwet tuh ga begitu deh..
Contonya di BMC Bandung, nasi liwet itu disajikan pake bakul khusus lengkap dengan teri medan, sambel, tahu tempe, empal/ayam goreng + lalapan & kerupuk. Sejauh yang meong tau.. disinih nasi liwetnya paling muantap.

Meong tanya lagi," Mas, apa benar cuman pake abon aja?". P menjawab tegas, "Benar Mas." Waah ini sih gak bener kayaknya, soale di daftar menu itu ada menu nasi timbel special sudah lengkap dengan ayam goreng, tahu tempe, ikan jambal, sambel + lalapan, krupuk plus sayur asam. Nah Nasi timbel special itu harganya sama ama Nasi liwet special. Logika matematisnya... gak mungkin dong nasi liwet cuman pake abon. Kcuali tu abon lebih banyak dari nasinya..

Iseng meong tanya lagi ama si P. "Mas, apa ga ada tambahan lauk lagi selain abon soalnya setahu saya nasi liwet itu ga pake abon?". P menjawab," Tidak ada mas, Ini memang salah satu ciri khas restoran kami". Meong tambah penasaran.. jengkel juga kenapa ni si P ngotot amat seh.

Giliran P bertanya," Bagaimana Mas, jadi pesan nasi liwet specialnya?". Ini menyebabkan rasa lapar jadi ilang yang ada cuman rasa ingin tahu aja. Karena penasaran meong langsung menjawab, "Oke Mas, saya pesan satu porsi". P mencatat semua pesanan kami dan segera berlalu ke belakang untuk proses lebih lanjut. Berdebar-debar nih.. kayak apa seh nasi liwet khas restoran ini.

Setelah menunggu sekitar 5 menitan, si P kembali ke meja kami. P berujar,"Maaf mas, nasi liwetnya sudah habis. Mungkin mau pesan menu yang lain..?"
Halah... dah ga jadi lapar, penasaran ama si nasi liwet ga terobati.. lengkap sudah. Usut punya usut belakangan ktahuan kalo si P itu ternyata masih dalam masa magang...
(bersambung)

5 comments:

Eucalyptus said...

Ha ah ha, kecewanya dikau karena nasi liwet..

meong said...

yup.. ga jelas tu nasi liwet gimana modelnya, karena setelah itu meong bertekad ga akan balik lagi ke resto itu

ipam nugroho said...

emang bener lho, udh laper, pesennya milih2 nunggunya lama lagi..ee ternyata abis kuciwa dunk!

meong said...

sbenernya yang lebih kuciwa.. nasi liwet yang dijanjiken itu bener2 nasi liwet apa bukan... huhuhu

Lovely Dee said...

hahahaaaa... ngliwet sndiri aja bro.. Mo dikasih sambel, abon, ayam, empal gentong juga bisa... Moga aja si P itu gak ketemu pelanggan yang bengis ya?