Friday, November 16, 2007

Asesmen ISO

Seminggu yang lalu, kantor meong disibukkan dengan kedatangan Team Assessor KAN (Komite Akreditasi Nasional) dalam rangka Asesmen awal. Asesmen ini bertujuan untuk melihat Implementasi dari sistem managemen yang telah dideklarasikan oleh kantor meong dalam rangka mendapatkan Akreditasi.

Tidak ayal lagi.. semua personil terkait didayagunakan untuk mensukseskan Asesmen ini, khan malu-maluin dong kalo ternyata banyak temuan ketidaksesuaian dengan Standar ISO yang dimaksud. Walaupun ada anekdot bahwa Asessor itu khan bisa dibilang bekerja kalo ada temuan, kalo ga ada temuan pastilah bakalan di ada-adain juga.. mengingat Team Asessor yang bertugas jauh lebih berpengalaman dibanding Auditee-nya.

Ada tiga (3) kategori temuan ketidaksesuaian yang berlaku antara lain:
a. Kategori 1 - Temuan yang sifatnya berpengaruh terhadap mutu produk secara langsung, atau kelangsungan organisasi. Konsekuensi tidak direkomendasikan dapat Akreditasi
b. Kategori 2 - temuan yang sifatnya mempengaruhi mutu produk secara tidak langsung
c. Kategori 3 - temuan yang sifatnya minor dan tidak terlalu berpengaruh terhadap mutu produk

Eh tau gak, ceritanya meong ikut menyambut Asesor dan menjamu dinner sebelum esoknya pelaksanaan Asesmen. Baru ngobrol2 sebentar aja dengan Asesor masak seh sudah ada beberapa ketidaksesuaian yang ditemukan. Gimana waktu pelaksanaan Asesmen yah? Pulang dinner sudah jam 10.30 malam, dah ga sempet ngapa-ngapain lagi untuk menghindari temuan-temuan waktu ngobrol tadi. Yaah... yang harus terjadi.. terjadilah!!

No comments: