Tuesday, November 27, 2007

Mooooo....


Akhir bulan lalu meong berkunjung ke pusat peternak sapi perah dan sapi pedaging di kaki Gunung Manglayang, Kabupaten Bandung.
Setelah diamati dan survey sekedarnya ternyata rata-rata yang bekerja menjadi peternak itu masih punya hubungan keluarga. Terlepas dari mekanisme yabg dijalankan apakah menjalankan usaha sendiri atau ada investor yang membantu tetapi tetap saja usaha ternak ini adalah usaha turun temurun.

Hasil ngobrol-ngobrol santai meong mendapat kesimpulan bahwa ternak sapi perah jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan ternak sapi pedaging.
Ilustrasinya : Sapi pedaging hanya mendapatkan keuntungan satu kali saja yaitu dari penjualan daging tersebut, biasanya masa-masa Idul Adha paling banyak dicari untuk keperluan Qurban sehingga harga jual bisa lebih tinggi. Sementara sapi perah, walaupun harga beli induk sapi relatif lebih tinggi tetapi nanti akan diperoleh keuntungan setiap bulan dari hasil penjualan susunya. Selain itu selama induk sapi masih usia produktif kemungkinan untuk dapat rezeki tambahan berupa baby sapi tetap terbuka lebar selama ada sapi pejantannya.

Syarat lokasi peternakan yang memadai paling penting adalah dekat dengan sumber air serta padang rumput. Air adalah sumber kehidupan, selain berguna untuk minum sapi, juga dipakai untuk memandikan sapi dan membersihkan kandang sapi. Padang rumput sudah jelas untuk makanan doi, yang bermasalah adalah kalo musim kemarau panjang itu rumput susah banget dicari, sampe akhirnya harus gerilya untuk cari ilalang & rumput liar. Kalo sudah begini biasanya jerami pun jadi lah..

Pulang dari survey sapi, terbersit untuk tau lebih jauh siapa tau dengan penghasilan yang paspasan bisa disisihkan untuk ternak sapi nih.. Bisnis konvensional, cukup menguntungkan lagi menyehatkan.... mooooooo...

2 comments:

sachroel said...

bener juga tuh....dengar3 repot juga memelihara sapi. temen saya yg kuliah juga punya, bukan sapi sih tapi kambing beberapa ekor.

meong said...

kalo melihara sendiri emang repot, tapi kalo dipelihara ahlinya malah jadi duit..